Friday, November 21, 2008

Primata terkecil dan terlangka ditemukan di Sulawesi

Binatang yang menyerupai tikus ini tertangkap, setelah ilmuwan memasang jaring selama dua bulan di gunung Rore Katimbo Taman Nasional Lore Lindu Sulawesi.

Tarsier diyakini telah punah. Salah satu binatang yang menyerupai tikus ini menggigit Sharon Gursky-Doyen, profesor antropologi A&M University Texas yang ikut dalam penjelajahan itu.

"Saya satu-satunya orang di dunia yang digigit pygmy tarsier. Sangat sulit memegang, karena kepalanya dapat berputar 180 derajat,” katanya.

Tarsier merupakan primata yang tidak biasa. Mamalia yang termasuk dalam kelompok ini adalah lemur, kera dan manusia. Sejumlah spesies tarsier diperkirakan hidup di sejumlah pulau di Asia.

Seperti namanya, pygmy tarsier berukuran kecil dengan bobot hanya 50 gram. Binatang ini memiliki mata dan telinga besar dan mirip dengan binatang pada film Hollywood keluaran 1984 berjudul "Gremlins."

Binatang ini dicatat tidak ada yang hidup oleh ilmuwan sejak 1921. Pada 2000, ilmuwan Indonesia yang bermaksud menjebak tikus, secara tidak sengaja mendapatkan pygmy tarsier yang sudah mati.

"Hingga waktu itu, semua orang tidak percaya binatang itu masih ada karena orang sudah mencoba menangkapnya selama berpuluh tahun tapi tidak ada yang berhasil,” kata Gursky-Doyen. [ito]



Sumber
- Inilah.com

No comments: